Entri Populer

ARSIP

10 Sep 2010

SYUKUR ATAS BENTANGAN LUAS KARUNIA

Saya Sarankan Anda Baca Juga




Hari ini, dengan sedikit perbedaan waktu yang hitungannya hanya beberapa jam, umat islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan setelah sebulan berperang melawan hawa nafsu, menahan diri dari lapar, dahaga dan kegiatan lain yang dilarang dilakukan selama bulan puasa. Pada hari ini pula gema kalimat-kalimat Takbir, Tauhid dan Tahmid kita ucapkan dengan penuh rasa ikhlas.
Sebagai salah satu bentuk pernyataan rasa syukur kita dalam rangka merayakan kemenangan ini hendaknya diawali dengan ucapan-ucapan takbir kepada Penguasa arsy .

Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Allah Maha Besar, seperti firman Allah :
ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون
".... dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (Q.S.al-Baqarah:185)
Setelah mengucapkan kalimat takbir, kita juga mengucapkan kalimat Tahmid yang berarti kita menyadari Sifat Pemurah Sang Pencipta dan mengakui-Nya sebagai sumber segala kebaikan, mendudukkan segala Keagungan kepada Allah yang merupakan bentuk pujian paling sempurna. Rasulullah pernah bersabda : Sesungguhnya sebaik-baik doa adalah “Alhamdulillah” (HR. Tirmiddzi).

Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda :
الحمد لله تملأ الميزان,وسبحان الله والحمد لله تمللآن أو تملأ ما بين السماوات والأرض
Alhamdulillah memenuhi Mizan, dan Subhanallah serta al-hamdulillah keduanya memenuhi apa yang ada diantara langit dan bumi (HR. Muslim).
Kemudian kita membaca Tasbih yang berarti menafikan segala sifat ketidaksempurnaan kepada Allah, menyangkal segala jenis sifat makhluk kepada Allah.Tasbih yang dimaksud adalah pernyataan bahwa setiap makhluk itu serba terbatas dan serba berkekurangan, sehingga dengan demikian, kita langsung terhubungkan dengan Sang Maha Sempurna, Allah Swt yang menciptakan segala sesuatu.
Tasbih-tahmid dianggap sebagai suatu aktifitas kognitif, karena dengannya para makhluk menyatakan pengenalannya kepada Allah dan mengakui kemakhlukannya yang spesifik. la juga merupakan aktifitas moral, karena dengannya keagungan moral Allah ditegaskan oleh makhluk-makhluk-Nya. la juga merupakan aktifitas ontologis, karena dengannya semua makhluk menghubungkan diri mereka kepada Yang Dibutuhkan. 
Namun bukan berarti Allah butuh atas penyangkalan dan penegasan makhluk-Nya melalui tasbih dan tahmid, namun itu semua karena setiap makhluk butuh untuk bertasbih dan bertahmid demi melaksanakan kemakhlukan mereka dengan andil bagian di dalam Kemuliaan dan Keagungan Sang Pencipta. Karena tanpa melalui bantuan-Nya, sang makhluk tidak dapat dengan sendirinya mengenal dirinya.

Komentar :

ada 0 komentar ke “SYUKUR ATAS BENTANGAN LUAS KARUNIA”

PERLU ANDA BACA

IKBAL JAKARTA

SMS

KIRIM SMS GRATIS
 

Berita Utama | Nasional

YAHOO PIPES

BERITA TERBARU

Editor template ibnuhasbie | Untuk template Catatan Harian